Tuesday, January 26, 2010

Garis besar pengambilan program spesialisasi di Jerman

Berikut tanya jawab dari rekan kita Darmady.



1. Garis besar pengambilan program spesialisasi di Jerman

Pengakuan ijazah kita oleh lembaga di Jerman yang bersangkutan (lihat blog sebelumnya). Ijazah kita harus di periksa oleh Landesamt für Gesundheit, apakah setara dengan di Pendidikan dokter di Jerman.


Dibutuhkan 3 jenis Visa (Berufserlaubnis, Arbeitserlaubnis dan Aufenthaltserlaubnis)


Prinsipnya, ada 2 cara untuk spesialisasi di Jerman:
a. Sebagai penerima Beasiswa (dari lembaga di indonesia dengan bukti tertulisnya), dengan konsekuensi tidak mendapatkan gaji dari rumah sakit di Jerman selama program spesialisasi.
b. Sebagai pegawai di rumah sakit Jerman (menerima gaji bulanan).
Status residen setaraf dengan pegawai, jadi akan menerima gaji seperti layaknya seorang pegawai.
Tetapi untuk menjadi status pegawai, tidak mudah. Banyak yang harus di tempuh. Salah satunya juga ujian persamaan (Kenntnisstandprüfung, yang di maksud sebagai ujian untuk menentukan apakah kualitas kita sama seperti dokter Jerman). Dan biasanya kalau ingin mendapatkan gaji, kemungkinannya akan lebih besar kalau melamar di kota-kota kecil.


2) Apabila perlu menunjukkan jaminan keuangan, berapa besarnya selama setahun?

Dulu saya hanya mempunyai tabungan seperti yang di minta kedutaan Jerman di Indonesia, kalo tidak salah 7200 euro.

3) Berapa rata2 biaya hidup di Jerman selama 1 bulan?


Kalau aku boleh bilang, minimal 600 Euro per bulan. Tapi tentu saja, ini bisa berubah sesuai dengan gaya hidup masing masing.

4) Kalo misalnya aku ingin ambil bedah plastik di Jerman, apakah bidang itu "kursi" yang disediakan sedikit per universitasnya?


Balik ke poin nomor 1. Tergantung kamu mau jadi pegawai, atau mau sebagai Stipendiat. Kalau sebagai Stipendiat, saya rasa kamu pasti akan di terima, karena rumah sakit tidak perlu mengeluarkan budget untuk membayar gaji kamu. Tetapi kalau mau menjadi pegawai, harus berjuang cari lowongan dan prosedur lainnya seperti layaknya orang yang mencari pekerjaan.

5) Apakah cukup kursus bahasa Jerman selama 1 tahun di Goethe?

Sebaiknya kursus Jerman sebaik-baiknya kalau memang mau ke Jerman. Kadang suka dianggap remeh oleh orang Jerman kalau bahasa Jerman kita terlalu minim.

Semoga bisa membantu..
Salam.

No comments:

Post a Comment